Makanan yang baik dikonsumsi saat Flu


Saat sedang flu, rasanya makan tak enak dan tidur tak nyenyak. Benar tidak?


Namun, jangan biarkan nafsu makan Anda hilang ya, karena sebenarnya flu dapat disembuhkan dengan makan bergizi dan istirahat yang cukup. Apa yang kita makan, membantu penyembuhan dan pemulihan. Untuk itu, lebih cermat memilih makanan, seperti beberapa makanan yang disarankan berikut ini:


Sup Ayam

Sudah sejak dahulu kala, nenek moyang kita mengenalkan sup ayam sebagai menu yang spesial. Aroma ayam dan kentalnya kuah mungkin tak pernah terpikir dalam benak kita bahwa ia juga menjadi obat mujarab saat sakit flu. Namun, ternyata semua kandungan di dalam sup punya peranan masing-masing dalam mengobati flu. Mulai dari kaldu, sayuran, kuah yang kental dan hangat, hingga rasa asin, demikian menurut Lawrence D. Rosen, MD, seperti dikutip dari kaboose.


Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin, sebuah substansi yang mengandung antioksidan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Advance In Therapi, allicin dalam bawang putih ini dapat membantu menyembuhkan serta mencegah demam.

Caranya mudah, cukup mencampurkan dalam menu masakan saja.


Teh Hijau

Selain bawang putih, teh hijau juga mengandung antioksidan yang mampu membantu meningkatkan immune tubuh. Untuk mengatasi flu, lebih baik mengonsumsi teh hijau panas tanpa gula.

Teh hijau juga memberikan efek relaks, sehingga tubuh dapat tidur dengan tenang dan nyenyak.


Strawberry, jeruk, jambu merah dan apel

Buah-buahan yang mengandung vitamin C yang tinggi juga dipercaya dapat membantu meringankan gejala flu. Saat sedang flu yang diserang sebenarnya adalah immune tubuh, sehingga agar cepat sembuh sangat penting untuk mengonsumsi vitamin C.


Madu

Sudah bukan rahasia lagi apabila madu ini menjadi obat alami. Dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan serta membantu meringankan flu.

Selain meningkatkan immune tubuh, madu juga menjadi anti-alergi.


Menu pedas

Pernah mencoba makan makanan pedas saat flu melanda dan hidung buntu? Rasanya akan lebih lega saat ingus keluar, bukan?

Dan memang benar bahwa capsaicin secara alami membantu melegakan hidung dan tenggorokan, serta mengeluarkan lendir (ingus) yang penuh dengan bakteri.

Agar tubuh cepat pulih, pastikan Anda juga memiliki waktu istirahat yang cukup ya.

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang baik dikonsumsi saat Flu"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^