12 Rahasia Pernikahan Bahagia

12 rahasia pernikahan bahagia ini cocok untuk Anda yang sudah menikah atau sedang merencanakan pernikahan.



1. Merayakan Hari Spesial

Hari ulang tahun dan hari pernikahan sudah pasti menjadi hari spesial. Hanya saja, jangan lupakan hari spesial lain. Misalnya saat pertama kali bertemu, hari di mana dia melamar Anda, atau tanggal di mana Anda mendapat kabar hasil uji kehamilan menunjukkan tanda positif. Rayakan hari-hari tersebut dengan sederhana, karena mengingat hari membahagiakan tersebut akan membawa kebahagiaan saat Anda dan suami merayakannya.


2. Menyediakan Anggaran Untuk Bersenang-Senang

Banyak pasangan yang menganggap bersenang-senang berdua itu pemborosan. Padahal, selama Anda dan suami menikmatinya, itu akan memberi manfaat yang besar dalam ikatan pernikahan Anda. Sisihkan sedikit uang tabungan untuk menonton film berdua di akhir pekan atau liburan akhir tahun. Anda akan menikmati momen tersebut dan berbahagia.


3. Punya Kode Khusus

Setiap pasangan biasanya sudah hapal dan memahami kode tertentu atau bahasa tubuh pasangannya. Berbahagialah jika Anda dan pasangan saling mengerti kode khusus ini. Misalnya saja jika Anda ingin mengajak pasangan bercinta tetapi tidak bisa mengatakan karena ada anak-anak, Anda bisa memberi bahasa tubuh khusus yang hanya dipahami olehnya.


4. Mandiri Dari Keluarga Masing-Masing

Hal paling sulit bagi pasangan muda adalah melepaskan diri dari keluarga masing-masing. Tentunya tidak benar-benar lepas, tetapi berusahalah untuk mandiri dan melibatkan pasangan sebagai sosok utama yang Anda percaya. Jika Anda mendapat hasil positif kehamilan, mendapat kenaikan jabatan, memiliki masalah atau apapun, katakan hal tersebut terlebih dahulu pada suami, demikian juga sebaliknya. "Anda tidak akan percaya bahwa banyak sekali pasangan yang bercerai karena tidak bisa melewati tahap ini," ujar Judith Wallerstein, Ph D, seorang ahli masalah keluarga dan perceraian.


5. Memberikan Yang Terbaik

Sudah bukan rahasia lagi jika wanita mendapat porsi yang lebih besar untuk merawat anak dan bertanggung jawab pada rumah, terlebih lagi jika sang wanita juga bekerja. Seringkali, wanita berpikir bahwa dia berjuang berkali-kali lipat dibandingkan suami mereka. Hindari mengungkit hal ini, karena sebenarnya pasangan Anda juga memberikan hal terbaik untuk Anda dan keluarga. Berikan yang terbaik, karena pasangan Anda juga melakukan hal yang sama.


6. Memiliki Selera Humor

Pasangan yang memiliki selera humor dan dapat tertawa bersama terbukti jauh lebih bahagia dibandingkan pasangan yang terlalu kaku dan 'formal'. Humor dan tawa akan semakin mengikat Anda dan suami, berbahagialah jika rumah Anda selalu dihiasi tawa bahagia. Jika tak ada tawa, itu bisa menjadi sintal bahwa ada masalah dalam pernikahan dan hubungan Anda.


7. Tetap Menikmati Hubungan Intim

Hubungan intim adalah salah satu kunci kebahagiaan pernikahan Anda. Tidak hanya pasangan muda yang bisa menikmati momen ini, pasangan usia berapapun bisa menikmatinya. Anda tidak perlu melakukan kegiatan bercinta setiap hari, tetapi lakukan dengan rutin. Menolak hubungan intim bisa menjadi masalah, karena kegiatan bercinta yang sehat akan semakin mendekatkan Anda dengan pasangan, sekaligus membahagiakan Anda dan suami.


8. Memiliki Kontrol Emosi

Pernikahan tidak selalu mulus, ada masa yang membuat emosi Anda dan dia memuncak, ada saatnya Anda marah atau kesal. Tahukah Anda, dalam keadaan emosi sudah di puncak kepala, semua kata bisa keluar, bahkan umpatan. Banyak pasangan yang bahagia dengan pernikahan mereka mengaku bahwa mereka mengontrol terlebih dahulu emosi dan amarah sebelum membicarakannya dengan pasangan. Dengan kepala dingin, semua hal lebih mudah dibicarakan.


9. Saling Mengerti Keinginan Masing-Masing

Alasan utama hancurnya sebuah pernikahan bukan konflik, masalah komunikasi atau masalah seksual, tetapi adanya rasa kecewa karena apa yang Anda inginkan (dalam hal apapun) tidak sesuai dengan apa yang diberikan pasangan Anda, demikian penjelasan Terri L Orbuch, Ph D, seorang peneliti masalah hubungan. Karena itu, penting bagi Anda untuk mengerti dengan baik apa yang dia inginkan, sejauh mana yang bisa Anda berikan. Demikian juga sebaliknya. Pengertian juga diperlukan agar tidak ada pihak yang terlalu memaksa keinginan dan satu pihak merasa terpaksa mewujudkan keinginan itu.


10. Punya Waktu Untuk Ngobrol Berdua

Kesibukan sering membuat suami istri melewatkan hari begitu saja tanpa obrolan di luar masalah rumah tangga. Padahal, 98 persen pasangan mengaku lebih mengerti pasangannya dari obrolan-obrolan ringan, sehingga mereka bisa belajar apa yang diinginkan pasangan dan lebih mendekatkan diri. Ambil waktu setidaknya 10 menit untuk ngobrol berdua, dengan obrolan di luar masalah anak, kantor dan rumah tangga.


11. Tidak Lupa Pujian dan Ucapan Terima Kasih

Banyak pasangan mengaku bahwa pujian-pujian hanya dilakukan di awal pernikahan lalu makin hilang seiring berjalan waktu. Tidak ada masa kadaluwarsa untuk sebuah pujian atau ucapan terima kasih. Semua orang senang dipuji, semua orang akan merasa senang dan berharga bila mendapat ucapan terima kasih. Mulailah mengucapkan terima kasih pada hal kecil apapun yang dilakukan pasangan Anda, misalnya membantu membawakan tas belanja.


12. Saling Berpikir Positif

Cara membuat pernikahan langgeng dan baik adalah memperbaiki kesalahan yang dibuat, anggapan ini tidak benar. Cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan dan gairah pernikahan adalah dengan menambah elemen positif di dalamnya. Semakin banyak energi positif dan motivasi untuk memiliki pernikahan bahagia, semakin membuat Anda dan pasangan berada di jalurnya. Semakin cepat Anda menghargai cinta dan kebahagiaan dalam ikatan pernikahan, semakin cepat Anda membawa pernikahan tersebut sebagai hal terhebat dalam hidup Anda.

suka dengan artikel ini, jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Rahasia Pernikahan Bahagia"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^