Laut di negara ini termasuk paling sehat sedunia


 Bukan hanya manusia, laut pun bisa diukur kadar kesehatannya. Termasuk Kanada, laut di negara tersebut termasuk dalam kategori yang tersehat sedunia. Hal itu diungkapkan oleh para ilmuwan dari Ocean Health Index.


Seperti yang dilansir dari Toronto Sun, Ocean Health Index menganalisis setiap perairan di negara-negara seluruh dunia dan memberi peringkat 10 besar untuk laut tersehat.

Syarat sebuah laut dikatakan sehat adalah keanekaragaman hayati, air yang bersih, dan tersedianya makanan bagi makhluk laut. Tim peneliti dari University of British Columbia juga ikut mengukur kondisi karbon, adanya tempat wisata dan rekreasi, serta kehidupan pesisir dan ekonomi masyarakat di sekitar laut.

Sementara itu, Kanada meraih nilai 70 dari skala angka 100. Laut di negara ini pun menjadi pemegang peringkat ke-9 dari 171 negara lain. Peringkat pertama diberikan kepada Jarvis Island, pulai kecil tanpa penghuni di Laut Pasifik Selatan yang dikelola oleh pemerintah Amerika. Nilai yang berhasil disabet oleh Jarvis Island adalah 86.

Lantas bagaimana dengan peringkat terendah? Ternyata Sierra Leone dengan angka penilaian 36.

"Ocean Health Index menawarkan bentuk penilaian terhadap laut. Apakah itu menjadi lebih baik atau buruk sebagai respon dari aksi kita sendiri," terang kepala peneliti Profesor Daniel Pauly.

Hasil penelitian ini pun kemudian dilaporkan dalam jurnal Nature. Kalau laut di Indonesia, kira-kira ada di peringkat berapa ya?

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laut di negara ini termasuk paling sehat sedunia"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^