Jangan tanyakan hal ini saat wawancara kerja!



Wawancara kerja memang identik dengan berbagai pertanyaan dari pihak perusahaan untuk dijawab oleh pelamar. Namun terkadang pelamar juga diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Sayangnya, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda cari tahu sendiri jawabannya daripada bertanya, demikian seperti yang dilansir dari Live Science.


Apakah ada transportasi umum yang lewat sini?

Alasan utama mengapa pertanyaan ini tidak boleh dilontarkan saat wawancara kerja adalah Anda bisa tahu tanpa bertanya. Apa susahnya berkeliling di sekitar perusahaan untuk mengamati kendaraan umum yang tersedia?


Bisakah saya bekerja dari rumah?

Anda bahkan belum tentu diterima bekerja, jadi jangan sekali-kali menanyakan hal ini kepada perusahaan saat sesi wawancara berlangsung.


Apakah ada masa training sebelum bekerja?
Pertanyaan yang satu ini juga terlarang dilontarkan saat wawancara. Sebab perusahaan akan menganggap Anda takut dengan tantangan yang akan diberikan.


Apa yang sebenarnya perusahaan ini kerjakan?
Sebaiknya tanyakan program spesifik yang dilakukan perusahaan. Bukan hal umum yang bisa Anda dapatkan jawabannya dari luar perusahaan seperti ini.


Apakah ada tunjangan anak di perusahaan ini?
Sekali lagi, pertanyaan ini belum tepat diucapkan ketika Anda belum diterima bekerja. Kalau Anda sudah positif menjadi pegawai, baru tanyakan masalah tunjangan anak pada atasan.


Apakah perusahaan akan memeriksa akun Facebook saya?
Percayalah, menanyakan hal ini akan membuat perusahaan semakin ingin tahu dan memeriksa akun Facebook Anda. Sebab beberapa perusahaan mempertimbangkan keputusan menerima pegawai dari hasil pemantauan akun sosial media mereka.


Apakah ada gaji untuk pekerjaan lembur?
Sama seperti masalah tunjangan anak, belum waktunya bagi Anda untuk menanyakan hal ini saat wawancara kerja.


Berapa kali ada kenaikan gaji untuk pegawai?
Urusan gaji memang sensitif. Semua calon pegawai pasti penasaran dengan hal ini. Sayangnya, menanyakan masalah kenaikan gaji hanya akan membuat Anda terlihat tidak puas dengan upah yang sudah ditawarkan.


Berapa kali pegawai digaji dalam setahun?
Pertanyaan ini mengindikasikan Anda sedang terjebak dalam masalah keuangan. Meskipun Anda memang benar mengalaminya, sebisa mungkin jangan sampai menuturkan pertanyaan tersebut.


Apakah jam kerja di sini fleksibel?
Meminta jam kerja yang fleksibel sama artinya dengan Anda susah menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesionalisme. Itu adalah tugas Anda, jadi jangan menuntut orang lain untuk memberikan kemudahan.
Nah, itu dia berbagai hal yang sebaiknya tidak Anda tanyakan dalam wawancara kerja. Sebab gara-gara pertanyaan itu, ada kemungkinan perusahaan tidak akan menerima Anda sebagai pegawai mereka!

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan tanyakan hal ini saat wawancara kerja!"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^