Cara terbaik memotivasi karyawan bukan dengan uang

Pemberian uang dianggap cara terbaik untuk memotivasi karyawan. Bonus diberikan kepada mereka yang berhasil mencapai goal, kenaikan gaji diberikan kepada karyawan dengan kinerja luar biasa, dan opsi saham diberikan kepada mereka yang lebih berprestasi, seperti yang dilansir di Forbes. Ketika ekonomi global menjadi sulit beberapa ini, semua perusahaan dipaksa untuk memotong kembali program insentif finansial.
Apa yang bisa Anda lakukan untuk memotivasi karyawan, saat perusahaan kehilangan kemampuan untuk memberikan insentif keuangan? Lalu apa yang bisa dilakukan karyawan untuk memotivasi dirinya sendiri?

Survei McKinsey menunjukkan bahwa "Motivasi karyawan di seluruh dunia kendur bahkan hampir setengah dari semua perusahaan di dunia bangkrut." Kini Anda dipaksa untuk menemukan cara terbaik untuk mempertahankan dan memotivasi karyawan dengan performa terbaik. Karyawan juga harus berpikir tentang cara untuk menjaga diri mereka agar tetap termotivasi dan meningkatkan semangat mereka.

Survei McKinsey menunjukkan bahwa ada tiga cara memotivasi karyawan tanpa uang dan lebih efektif dibandingkan dengan insentif keuangan:

1. Pujian atasan

2. Perhatian atasan (misalnya sering mengajak ngobrol karyawan)

3. Memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memimpin proyek dan tugas tertentu

Inilah cara terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang manajer untuk mengorganisir karyawannya:

1. Pastikan Anda berinteraksi secara teratur dengan karyawan.

2. Temukan cara untuk menunjukkan bakat dan arti penting karyawan untuk perusahaan.

3. Memberikan kesempatan untuk potensi bakat yang tinggi untuk terus belajar, tumbuh, dan mengembangkan keterampilan mereka.

Cara memotivasi diri sendiri yang bisa dilakukan para karyawan:

Jika Anda menyukai tempat Anda bekerja dan tidak ingin pergi, maka temukan cara kreatif agar tetap bahagia dan termotivasi dalam bekerja. Lebih sering menawarkan diri untuk menjadi mentor karyawan baru. Anda juga bisa mengembangkan kemampuan Anda dengan lebih aktif belajar sehingga mampu memberi arti penting kepada perusahaan.

Banyak perusahaan dunia mampu melewati krisis dengan karyawan yang memiliki kinerja tetap luar biasa. Mereka dilatih untuk memiliki loyalitas kepada perusahaan. Anda hanya perlu menemukan dan melakukan cara kreatif untuk terus memotivasi karyawan tanpa terus memberikan uang. Namun, ada kalanya Anda sebaiknya memikirkan kesejahteraan mereka dengan pemberian bonus, jika perusahaan memang sedang dalam kondisi stabil.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Senang-Baca.Blogspot.com Copyright © 2012 -- Template created by SupraNet -- Powered by Blogger