6 Cangkir kopi sehari turunkan risiko kanker usus


Studi terbaru menunjukkan bahwa minum beberapa cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko kanker usus.

Dalam sebuah studi terbaru, para relawan yang menenggak empat cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko tumor sekitar 15 persen. Namun, mereka yang berhasil minum enam cangkir kopi atau lebih mengalami penurunan risiko tumor sebesar 40 persen.

Studi sebelumnya juga mengungkapkan bahwa kopi memiliki efek perlindungan terhadap kanker usus. Sayangnya, hasil tersebut tidak ditemukan pada teh.

Diet tinggi lemak dan daging merah, serta kurang olahraga, diperkirakan jadi salah satu faktor yang menyebabkan kanker usus. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan para peneliti dari US National Cancer Institute di Rockville, Maryland, hampir 490.000 pria dan wanita yang jadi subyek coba juga menjalankan diet.

Para peneliti pun menganalisis pola makan, kebiasaan minum, dan risiko kanker di antara mereka yang termasuk peminum kopi dan bukan peminum. Apa hasilnya? Hasil studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition ini menunjukkan penurunan kecil tetapi signifikan terkait risiko tumor pada mereka yang minum empat hingga lima cangkir kopi sehari. Namun, manfaat terbesar baru terlihat ketika jumlah konsumsinya ditingkatkan jadi setengah lusin atau lebih.

Dr Euan Paul, Executive Director of the British Coffee Association, mengatakan: "Temuan ini sangat menggembirakan. Ternyata, konsumsi kopi dapat menurunkan risiko kanker usus," seperti dilansir Dailymail, (28/8).

Namun, para peneliti menekankan bahwa wanita hamil tidak boleh minum kopi. Kenapa? Konsumsi kafein dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko keguguran. Selain itu, kafein juga meningkatkan kecemasan dan mengubah pola tidur. Maka, berkonsultasilah dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi kafein dalam jumlah besar.

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cangkir kopi sehari turunkan risiko kanker usus"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^