Menyimpan makanan di tempat plastik, aman atau tidak?


Plastik kini menjadi makin sering digunakan untuk membungkus makanan atau minuman. Buktinya, minyak goreng, air, daging, dan makanan matang semakin banyak ditemukan dalam kemasan plastik.

Sebenarnya, penting bagi Anda untuk tidak menyalahgunakan kemasan makanan atau minuman berbahan plastik. Sebab jika terjadi kesalahan, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa membuat makanan terkontaminasi. Makanya, coba simak panduan keamanan penggunaan plastik dalam membungkus makanan dan minuman selengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up (17/09) ini.

Plastik dan ovenMakanan yang dikemas dalam plastik sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam oven. Bahan-bahan tersebut bisa meleleh dan meracuni makanan. Maka dari itu, pastikan apakah bungkus makanan termasuk ramah oven atau tidak sebelum memanaskannya.

Plastik dan microwave
Sama seperti plastik dan oven, jangan sembarangan memanaskan makanan jika kemasan makanan tidak ramah microwave. Meskipun tidak sepenuhnya meleleh, bisa saja senyawa kimia menguap dan membuat makanan terkontaminasi.

Bungkus plastik
 Biasanya berupa lembaran dan sangat tidak cocok untuk dipanaskan bersama makanan di dalam oven atau microwave. Bahan tersebut sangat mudah meleleh.

Plastik dan lemari es
Sebaliknya, menyimpan daging atau minuman di dalam lemari es tergolong aman dan justru mampu menjaga kualitas makanan. Namun ingat, ketika memanaskan kembali makanan dan minuman tersebut, pastikan bahan plastik yang membungkusnya sudah dibuang terlebih dahulu.

Menggunakan berkali-kali
Ada beberapa bungkus plastik yang jelas tidak bisa digunakan kembali. Namun ada juga yang tetap bisa dipakai setelah dicuci. Meskipun demikian, jika bungkus plastik terlihat retak atau pecah, sebaiknya ganti dengan yang baru.

Itulah panduan menyimpan makanan atau minuman di tempat plastik. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyimpan makanan di tempat plastik, aman atau tidak?"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^