Bekerja juga bermanfaat untuk kesehatan lho!


Anda tentu telah mengetahui dampak buruk pekerjaan pada kesehatan. Mulai dari dampak duduk terlalu lama, hingga cara-cara pekerjaan bisa membunuh Anda. Tetapi jangan dulu trauma saat bekerja.

Department for Work and Pensions di Inggris menemukan bahwa pekerjaan juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi Anda. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang yang bekerja lebih sedikit masuk rumah sakit dan mengalami penyakit mental.

Lalu, apa lagi manfaat bekerja untuk kesehatan? Ini dia, seperti dilansir oleh Huffington Post.


1. Terhindar dari kemiskinan

Faktanya, tingkat sosial ekonomi juga mampu mempengaruhi kesehatan seseorang. Memiliki penghasilan tetap setidaknya bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti kurang gizi. Memiliki penghasilan juga membuat Anda mampu mengakses fasilitas kesehatan yang lebih baik dan membeli makanan bernutrisi dna berkualitas. Tak hanya itu, orang yang bekerja juga ditengarai memiliki tingkat stres lebih rendah dan tak mudah mengalami masalah tidur.


2. Mendapatkan perawatan kesehatan lebih baik

Kesehatan adalah hal termahal yang bisa dibeli seseorang. Ini terbukti dengan melambungnya harga perawatan kesehatan di rumah sakit. Dengan bekerja dan menghasilkan uang, Anda memiliki akses lebih baik pada fasilitas kesehatan, dibandingkan dengan orang yang tidak bekerja. Tak hanya itu, para karyawan biasanya mendapatkan asuransi kesehatan dari perusahaan.


3. Pekerjaan membuat Anda terhubung secara sosial

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja bisa membuat karyawan hidup lebih lama. Karyawan juga memiliki kebahagiaan dan kepuasaan yang lebih tinggi dalam menjalani kehidupannya. Pekerjaan yang membuat seseorang merasa berada dalam suatu kelompok mampu memberikan keamanan secara sosial yang kemudian bisa mempengaruhi rentang usia.


4. Pulih lebih cepat

Dibandingkan dengan orang yang tidak bekerja, mereka yang bekerja diketahui lebih cepat pulih setelah sakit, menurut penelitian. Ini berlaku baik saat mereka mengalami sakit atau kecelakaan.


5. Membantu menemukan tujuan di hari tua

Pekerjaan seringkali dikaitkan dengan tujuan masa depan. Hal inilah yang melatar belakangi banyaknya orang-orang tua yang terus bekerja. Dr Robert dari International Longevity Center mengatakan bahwa orang berusia lanjut memilih bekerja karena masih merasa hidup mereka bermakna dan memiliki tujuan untuk bangun setiap hari.

Itulah lima hal yang bisa diberikan pekerjaan untuk kesehatan Anda. Meski begitu, jangan keasyikan bekerja hingga lupa waktu dan merugikan kesehatan Anda sendiri ya!


jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bekerja juga bermanfaat untuk kesehatan lho!"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^