Tips menjaga citra baik sebagai Atasan / Bos

Tidak ingin terlihat sombong atau lemah di mata bawahan? Sikap rendah hati yang seimbang adalah kunci dari membangun citra yang baik. Namun melakukan hal itu tidak mudah. Seperti kaya psikolog Manasi Hassan, kerendahan hati yang dimiliki pemimpin bisa membawa rasa nyaman di kalangan pegawainya.


"Kerendahan hari adalah kriteria yang paling penting bagi seorang pemimpin. Hal ini membuat mereka lebih mudah bergaul sekaligus memberi dampak positif bagi tim kerjanya," terang Hassan, seperti yang dikutip dari Indiatimes.

Sayangnya, beberapa orang menganggap kerendahan hati ini sebagai kelemahan. Sebab terlalu rendah hati bisa saja membuat atasan diremehkan. Hassan pun memberikan tips agar Anda sebagai bos mampu menyeimbangkan sikap rendah hati yang dimiliki.
  • Katakan tidak jika memang Anda harus melakukannya.
  • Jangan berlebihan ketika bersikap rendah hati hanya demi disukai atau mencari persetujuan dari orang lain.
  • Jika situasi tampak di luar kendali, Anda harus bisa tegas.
  • Bersikaplah rendah hati dengan wajar, jangan memanfaatkannya. Anda boleh terbuka dengan tim kerja, namun ingat ada jarak antara atasan dan bawahan yang harus Anda jaga.
  • Hindari bercerita terlalu banyak mengenai kehidupan pribadi.
  • Tunjukkan Anda juga perlu dihormati sebagai atasan.
  • Jangan menghindari perbedaan pendapat hanya karena ingin menjauhi konflik.
"Seorang atasan tidak harus mengorbankan kompetensi, visi, dan efektivitas untuk bersikap rendah hati. Justru di situ Anda harus mengakui bahwa ada tanggung jawab pada semua jabatan dan seseorang diperlukan untuk menyatukan tujuan perusahaan. Maka dari itu bos harus menyeimbangkan sikap rendah hatinya demi tujuan itu," tutur Hassan.

Kesimpulannya, citra yang baik sebagai bos kurang lebih berkisar pada sikap rendah hati yang dimiliki. Namun atasan jelas harus seimbang dalam menunjukkan sikapnya tersebut.

senang dengan artikel ini, jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips menjaga citra baik sebagai Atasan / Bos"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^