Tips Cermat Belanja Lebaran


Lebaran identik dengan belanja baju baru untuk keluarga. Namun, opini yang berkembang adalah 'mumpung lebaran dan banyak diskon' sehingga belanja pun terkesan berlebihan.
Padahal, jika dicermati, harga yang tertera pada pakaian menjelang lebaran tidaklah wajar, diskon pun hanya sekedar tipuan. Anda tentu tak ingin uang THR habis begitu saja hanya karena tipuan diskon, bukan? Nah, agar Anda tidak tertipu dengan beragam penawaran 'menarik' menjelang lebaran, ada baiknya Anda simak tips cermat belanja kebutuhan berikut ini:

1. Jangan ikuti tren

Hindari membeli pakaian yang sedang ngetren. Jika Anda membeli pakaian hanya karena mengikuti tren, maka pakaian hanya akan Anda gunakan sekali waktu saja. Hal ini tentu saja berujung pada pemborosan. Untuk menghemat, sebaiknya pilihlah pakaian yang bisa digunakan di saat lebaran dan saat-saat lainnya.

2. Susun anggaran

Ini penting sekali loh, Ladies. Biasanya, banyak wanita akan 'kalap' jika melihat pakaian dengan tanda 'sale'. Jika sebelumnya Anda telah menyusun anggaran, maka saat berbelanja Anda akan sedikit mengerem keinginan yang berlebihan.

3. Susun daftar belanja

Selain menyusun anggaran, menyusun daftar belanja juga penting. Hal ini mencegah Anda belanja berlebihan dan sesuai kebutuhan.

4. Jangan terpengaruh mood

Jangan pernah berbelanja karena pengaruh suasana hati. Segera hentikan tindakan belanja berlebihan hanya untuk mengusir rasa bosan atau demi meningkatkan kepercayaan diri. Selain boros, perasaan senang saat berbelanja hanyalah bersifat sementara.

5. Belanja sendirian

Belanja dengan mengajak keluarga atau sahabat memang menyenangkan. Selain memberikan masukan dan saran, berbelanja dengan mereka ada kalanya lebih ceria dan bersemangat. Namun, yang perlu diingat, selera Anda dan keluarga atau sahabat tidaklah sama. Jadi, ada baiknya Anda belanja sendirian untuk menyesuaikan budget dan kebutuhan.

6. Gunakan uang tunai

Cara terampuh untuk menyetop kegiatan belanja yang berlebihan adalah dengan menggunakan uang tunai. Menggunakan uang tunai sesuai anggaran dapat menyetop pengeluaran Anda yang kadang sedikit impulsif.

7. Beli perhiasan aksen sederhana

Jika saat lebaran Anda biasa membeli perhiasan, sebaiknya pilihlah perhiasan dengan aksen sederhana. Karena perhiasan dengan aksen sederhana dapat digunakan dengan perpaduan aneka pakaian.

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cermat Belanja Lebaran"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^