Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

img
Penelitian menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan performa kerja seseorang sepanjang hari. Tetapi terlalu banyak mengonsumsinya bisa berdampak buruk pada kesehatan.

"Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kafein dapat meningkatkan katajaman mental dan kinerja seseorang, tapi terlalu banyak kafein dapat berdampak negatif pada suasana hati, energi dan bahkan kesehatan," ujar Erin Palinski, RD, CDE, CPT yang membuka praktek di New Jersey, Amerika, seperti yang dikutip dari Privention International.

"Beberapa penelitian juga menghubungkan dosis kafein tinggi dengan kemandulan dan risiko patah tulang pinggul pada wanita berusia tua," jelas Keri Gans M., MS, RD, CDN, dan penulis 'The Small Change Diet'. Oleh karena itu, ada baiknya jika membatasi supan kafein dengan mengetahui tanda-tanda bahwa Anda sudah terlalu banyak mengonsumsi kafein. Apa saja?

1. Tak Minum Kopi Buat Anda Lemas Tak Berdaya
"Jika Anda tak bisa melalui hari dengan tak meminum kopi atau minuman bersoda, Anda mungkin kecanduan kafein," kata David J. Clayton, MD, penulis 'The Healthy Guide to Unhealthy Living'. Meminum beberapa gelas kopi, bisa buat Anda berenergi seketika dan kemudian merasa sangat lelah ketika kandungan kafeinnya hilang.

2. Air Seni berwarna Oranye
Air seni yang berwarna kuning pekat atau oranye merupakan tanda-tanda bahwa Anda mengalami dehidrasi. "Kopi adalah minuman diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi dengan meningkatkan kebiasaan orang untuk buang air kecil, sehingga menyebabkan orang kehilangan cairan tubuh," ungkap Amy Gross, MPH, RD, CDN dan ahli gizi klinis di New York Presbyterian Hospital. Kafein tidak memicu dehidrasi apabila Anda meminumnya tak lebih dari 500 mg, jadi dua gelas kopi dalam sehari masih dalam batas aman.

3. Anda Tak Bisa Tidur
"Kafein membutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk bisa diserap tubuh, dan pengaruhya akan berlangsung lama sehingga bisa mengubah siklus tidur Anda," jelas Molly Morgan, R.D., pemilik 'Creative Nutrition Solutions' di Vestal, New York, dan penulis 'The Skinny Rules'. Jika Anda membutuhkan waktu sampai 30 menit untuk tertidur, maka kurangilah asupan kopi setelah jam 12 siang. Itu akan bantu tidur lebih nyenyak.

4. Sering Merasa Cemas
Telapak tangan berkeringat, jantung berdetak cepat dan gelisah merupakan tanda-tanda bahwa Anda overdosis pada kafein. Kafein dapat merangsang kelenjar adrenal untuk mengeluarkan hormon stres lebih banyak dan meningkatkan denyut jantung, sehingga buat Anda merasa lebih cemas.

5. Anda Mengalami Heartburn
Heartburn adalah sensasi terbakar yang menyakitkan tepat di bawah atau di belakang tulang dada yang biasanya berasal dari kerongkongan. Rasa sakit ini sering naik ke dada dan menyebar ke leher atau tenggorokan, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu. Jika ini terjadi pada Anda, mungkin kafein adalah biang keladinya. "Kafein melemaskan sfingter esofagus, yang memungkinkan asam naik ke tenggorokan," kata Gross.

jangan lupa "Like" disini yah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia 5 Tanda Anda Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar sesuai judul Artikel ^_^