Facebook dihujat penggunanya di Twitter


Kehadiran suatu produk bisa jadi suatu hal yang membanggakan juga mengecewakan. Trending topic pemuncak di Twitter hari ini (07/04),
adalah bentuk kekecewaan pengguna Facebook akan fasilitas-fasilitas yang membuat penggunanya merasa tidak nyaman lagi untuk terus menggunakan situs jejaring sosial ini.

Dengan hashtag #ThingsIHateAboutFacebook, pengguna Facebook menumpahkan kekecewaan mereka di Twitter. Kebanyakan dari mereka tidak begitu suka akan fasilitas Facebook yang baru. Pada bulan Maret lalu, Facebook telah mengeluarkan beberapa produk terbaru mereka, salah satunya adalah Timeline. Memang fasilitas Timeline sangat membantu para pebisnis dalam menjalankan roda bisnis mereka, karena dengan tampilan Facebook yang mempunyai ukuran cukup lebar ini, para pebisnis dapat membuat satu display mengenai produk atau factory profile mereka. Namun, tidak untuk pengguna Facebook non-pebisnis.

Pemilik account Facebook umum ternyata lebih suka tampilan Facebook yang lama. Mereka menganggap dengan munculnya Timeline ini, pengaturan-pengaturan semua tulisan, postingan, status, atau hal lainnya, menjadi lebih rumit. Tidak hanya Timeline saja, fasilitas lain seperti tag foto dan video, poke, dan tidak terdapatnya tombol dislike, juga mereka ungkapkan di account Twitter mereka.

Trus, mengapa mereka menggunakan Twitter sebagai ajang pelampiasan kekecewaan? Kenapa tidak langsung ditulis di account Facebook mereka sendiri? Alasannya cukup mudah. Twitter tidak seperti Facebook. Dengan menggunakan Twitter, semua topik yang berkaitan akan terkumpul menjadi satu dalam satu hashtag.

Ternyata, bukan hanya itu saja, pengguna Facebook juga merasa keberatan apabila semua tulisan atau status mereka mendapatkan like dari orang lain yang tidak mereka kenal. Pengguna facebook mensejajarkan para pemberi like tersebut dengan spammer yang banyak berlalu lalang di dunia maya. "Coba bayangkan saja, walaupun mereka ada di friendlist kita, memberi like untuk semua postingan atau status tanpa menuliskan satu komentar adalah suatu hal yang menjengkelkan", ungkap salah satu pengguna Facebook yang berhasil diwawancarai oleh CNet.com.

Dua hal lain yang membuat pengguna Facebook kecewa adalah masih terdapatnya spam yang sering mengirimkan permintaan game atau produk ke account mereka dan masalah hashtag. "Ini bukan Twitter, jadi jangan menggunakan hashtag di statusmu", ungkap salah seorang pengguna Facebook melalui account Twitternya. Menurut Anda, apakah beberapa fasilitas di Facebook memang mengecewakan? (merdeka.com)


Yang belum like, Like disini yah!!

Subscribe to receive free email updates: